PENGANTAR
EKONOMI MIKRO
Ilmu ekonomi mikro (sering juga ditulis mikro ekonomi)
adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan
perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor
input,barang,dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti
bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan
permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana
harga, pada gilirannya, menentukan penwaran dan permintaan barang dan jasa
selanjutnya.
Kebalikan dari ekonomi mikro adalah ekonomi makro,
yang membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan
ekonomi, inflasi, pengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang
berhubungan, serta dampak atas beragam tindakan pemerintah ( misalnya perubahan
tingkat pajak ) terhadap hal-hal tersebut.
Salah satu tujuan
ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk
harga relative terhadap produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas
diantara banyak penggunaan sumber alternative. Ekonomi mikro menganalisa
kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal memproduksi hasil yang efisien; serta
menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang-bidang penelitian yang penting
dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum (general
equilibrium), keadaan pasar dalam infomasi asimetris, pilihan dalam situasi
ketidakpastian, serta berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan.
Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam system pasar.
Kegagalan pasar
Dalam ekonomi mikro, istilah “kegagalan pasar” tidak
berarti bahwa sebuah pasar tidak lagi berfungsi. Malahan, sebuah kegagalan
pasar adalah situsi dimana sebuah pasar efisien dalam mengatur produksi atau
alokasi barang dan jasa ke konsumen.
Empat jenis utama penyebab kegagalan pasar adalah:
·
Monopoli atau dalam kasus lain dari
penyalahgunaan dari kekuasaan pasar dimana sebuah pembeliatau penjual biasa
memberi pengaruh signifikan pada harga atau keluaran.
·
Ekternalitas, dimana terjadi dalam kasus dimana
”pasar tidak dibawa kedalam akun dari akibat aktivitas ekonomi didalam orang
luar atau orang asing.
·
Barang
publik seperti pertahanan nasional dan kegiatan dalam kesehatan publik seperti
pembasmian sarang nyamuk. Contohnya, jika membasmi sarang nyamuk diserahkan
pada pasar pribadi, maka jauh lebih sedikit sarang yang mungkin akan dibasmi.
·
Kasus dimana
terdapat informasi asimetris atau ketidakpastian (informasi yang efisien).
Informasi asimetris terjadi ketika salah satu pihak dari transaksi memiliki informasi
yang lebih banyak dan baik dari pihak yang lain.
Penerapan
ekonomi mikro
Ekonomi
mikro yang diterapkan termasuk area besar belajar,banyak diantaranya banyak menggambarkan metode dari yang
lainnya. Regulasi dan organisasi industri mempelajari topik seperti masuk dan
keluar dari firma,inovasi,aturan merek dagang. Hokum dan ekonomi menerapkan
prinsip ekonomi mikro kepemilihan dan penguatan dari kompetisi dengan rezim
legal dan efisiensi relatifnya. Ekonomi perburuhan mempelajari tentang upah,
kepegawaian, dan dinamika pasar buruh. Finansial publik (juga dikenal dengan
ekonomi publik) mempelajari rancangan dari pajak pemerintah dan kebijakan
pengeluaran dan efek ekonomi dari kebijakan-kebijakan tersebut (contohnya,
asuransi sosial). Ekonomi kesehatan mempelajari organisasi dari sistem
kesehatan, termasuk peran dari pegawai kesehatan dan program asuransi
kesehatan. Politik ekonomi mempelajari peran dari intitusi politik dalam
menentukan keluarnya sebuah kebijakan. Ekonomi
kependudukan , yang mempelajari tantangan yang dihadapi oleh kota-kota,
seperti gepeng, polusi air dan udara,kemacetan lalu lintas, dan kemiskinan
digambarkan dalam geografi kependudukan dan sosiologi. Finansial ekonomi
mempelajari topik seperti struktur dari portofolio yang optimal, rasio dari
pengembalian ke modal, analisa ekonometri dari keamanan pengembalian, dan
kebiasan finansial korporat . Bidang sejarah ekonomi mempelajari evolusi dari
ekonomi dan institusi ekonomi, menggunakan metode dan teknik dari bidang
ekonomi, sejarah,geografi, sosiologi, psikologi, dan ilmu politik.
KONSEP DASAR STRUKTUR PASAR DALAM EKONOMI MIKRO
PASAR MONOPOLI
Struktur
pasar yang sangat bertentangan. Ciri-cirinya dengan persaingan sempurna adalah
pasar monopoli . Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat
satu perusahaan saja, dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak
mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
Ciri-cirinya
adalah sebagai berikut:
A.
Pasar
monopoli
adalah industri satu perusahaan yaitu hanya ada satu
saja perusahaan dalam industri tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang
dihasilkannya tidak dapat dibeli dari tempat lain.
B.
Tidak
mempunyai barang pengganti mirip
Barang yang dihasilkan perusahaan
tidak monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar.
Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak
terdapat barang mirip (close substitute) yang dapat menggantikan barang
tersebut
C.
Tidak
terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam industri
Sifat ini merupakan penyebab utama
yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Tanpa sifat ini
pasar monopoli tidak akan wujud, karena tanpa adanya halangan tersebut pada
akhirnya akan terdapat beberapa perusahaan di dalam industri.
D.
Dapat
memengaruhi penentuan harga
Oleh karena perusahaan monopoli
merupakan satu-satunya penjual didalam pasar, maka penentuan harga dapat
dikuasainya oleh sebab itu perusahaan monopoli di pandang sebagai penentu harga
(price setter), dengan mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah
barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menetukan harga pada tingkat
yang dikehendakinya.
E.
Promosi
iklan kurang diperlukan
Perusahaan monopoli tidak perlu
mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Pembeli yang memerlukan
barang diproduksikannya terpaksa membeli dari padanya.
Faktor-faktor yang menimbulkan pasar monopoli
a)
Memiliki
sumber daya yang unik
Salah satu sumber penting dari
adanya monopoli adalah pemilikan suatu
sumber daya unik (istimewa yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain)
contohnya: perusahaan permata “de beers company” di Afrika Selatan, hampir
semua pertambangan permata yang ada didunia ini dimiliki perusahaan tersebut.
b)
Dapat menikmati
skala ekonomi
Jumlah produksinya sangat besar dan
meliputi hampir seluruh produksi yang diperlukan di dalam pasar. Suatu industri
yang skala ekonominya mempunyai sifat itu adalah perusahaan yang dikatakan
merupakan monopoli alamiah (natural monopoly) seperti contohnya: perusahaan
jasa umum (listrik, air minum, telepon, dan perusahaan angkutan kereta api).
c)
Kekuasaan
ekonomi yang diperoleh melalui peraturan pemerintah
Peraturan paten dan hak cipta (copy
right) adalah jaminan hukum untuk menghindari dari penjiplakan, tetapi hak
cipta khusus diberikan kepada penulis buku dan pengubahnya.
d)
Hak usaha
eksklusif
Untuk menciptakan keadaan ekonomi
yang baik secara serentak, pemerintah harus menjalankan dua langkah: memberikan
hak monopoli pada suatu perusahaan dalam suatu kegiatan tertentu, menentukan
harga atau tarif yang rendah keatas barang atau jasa yang diproduksikan. Contoh
: perusahaan air minum, pembangkit listrik, angkutan kereta api. Tanpa adanya
hak eksklusif untuk berusaha sebagai perusahaan monopoli akan timbul halangan
mengikuti skala ekonomi secara maksimum.
Kebaikan
perusahaan monopoli
a.
Apabila
menikmati skala ekonomi, biaya produksi lebih murah daripada di firma, pasar
persaingan sempurna, dan tingkat produksi lebih besar.
b.
Mutu barang
semakin meningkat dan harganya semakin murah, apabila perusahaan terus-menerus
melakukan pengembangan dan inovasi.
c.
Kesejahteraan
masyarakat dapat ditingkatkan, apabila monopoli terus menghasilkan barang yang lebih
murah dan lebih bermutu.
Keburukan
perusahaan monopoli
1)
Harga barang
lebih mahal dan tingkat produksi lebih rendah di pasar persaingan sempurna.
2)
Barang yang
dihasilkan tidak banyak mengalami perubahan
3)
Kesejahteraan
masyarakat lebih buruk daripada yang diwujudkan oleh pasar persaingan sempurna.
disamping itu monopoli cenderung memperburuk distribusi pendapatan dalam
masyarakat.
Contoh pasar monopoli:
perusahaan jasa umum, perusahaan air minum, perusahaan pembangkit listrik,
perusahaan kereta api.
PASAR
PERSAINGAN SEMPURNA
Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang
paling ideal, karena diangggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan
menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi
(optimal)atau efisiensinya.
Persaingan sempurna adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat
penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi
keadaan pasar.
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna
a. Perusahaan
adalah pengambil harga (price taker)
Adalah suatu perusahaan yang ada didalam pasar tidak dapat menentukan atau
mengubah pasar.
b. Setiap
perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industry
tersebut. Langkah ini dapat dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada
produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut, produsen dapat
dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkanya tersebut.
c. Menghasilkan
barang serupa
Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibedakan.
Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa,jadi tidak ada gunanya jika
perusahaan untuk melakukan persaingan yang berbentuk persaingan bukan harga
atau (non price competition) yaitu persaingan dengan iklan dan promosi
penjualan.
d. Terdapat banyak perusahaan di pasar
Sifat inilah yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk
mengubah harga. Meliputi dua aspek yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan
masing-masing perusahaan adalah relative kecil kalau dengan keseluruhan jumlah
perusahaan didalam pasar, akibatnya jumlah produksi perusahaan tersebut sedikit
dibandingkan dengan perusahaan yang lain.
e. Pembeli
mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar
Mereka juga mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perusahaan-perusahaan
ke atas harga tersebut. Akibatnya para produsen tidak dapat menjual barangnya
dengan harga yang lebih tinggi dari yang berlaku di pasar.
Di bandingkan dengan struktur pasar yang lain, pasar persaingan sempurna
mempunyai beberapa kebaikan dan keburukannya :
Kebaikannya:
a.
Dapat
memaksimumkan efisiensi,
b.
Tingkat
kebebasan bertindak dan memilih tinggi
c.
Dapat
menciptakan distribusi pendapatan yang lebih baik.
Kelemahannya:
a. Tidak
menggalakkan motivasi,
b. Adakalanya menimbulkan biaya sosial,
c. Pilihan
konsumen terbatas
d.
Adakalanya
biaya produksi lebih tinggi dan adakalanya distribusi pendapatan tidak
seimbang.
Contoh pasar persaingan sempurna :
perusahaan makanan, perusahaan
peralatan pabrik dan perusahaan tekstil
“sumber: pengantar ekonomi mikro, karangan; sadono
sukirno, penerbit; rajawali pers,
th. Juli-2011 edisi; ke tiga”
PASAR
PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau
industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau
mampu mengendalikan harga output di pasar.
Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak
sempurna, yaitu pasar monopoli,pasar persaingan monopolistic dan oligopoly.
Pasar monopoli merupakan industri yang terdiri
dari satu perusahaan dimana terdapat hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru
untuk memasuki pasar. Beberapa hambatan masuk berupa waralaba pemerintah,
paten, skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor
produksi yang langka.
Persaingan monopolistic merupakan industri yang memiliki
banyak produsen di mana perusahaan pesaing bebas memasuki industri dan
perusahaan-perusahaan mendiferensiasikan produk mereka. Diferensiasi produk
dimaksudkan untuk memenuhi keinginan konsumen, membangun reputasi atas produk
yang dihasilkan dan dan memberikan pelayanan yang baik. Selain kelebihan berupa
adanya keanekaragaman produk, efisiensi dan informasi tentang produk,
diferensiasi produk juga mempunyai
kelemahan yaitu adanya pemborosan, harga produk yang lebih mahal,
kesalahan informasi dan kejenuhan masyarakat terhadap tayangan iklan.
Oligopoly adalah industri dengan sejumlah
kecil perusahaan yang masing-masing cukup mampu untuk mempengaruhi harga pasar
dari output yang dihasilkan. Selain memiliki banyak bentuk dalam pasar
oligopoly terdapat juga empat model yang umum dikenal yaitu model kolusi, model
cournot, model kurva permintaan patah dan model kepemimpinan harga.
Perusahaan-perusahaan yang memiliki kekuatan pasar
dihadapkan pada empat keputusan penting yaitu berapa output yang akan
diproduksi, bagaimana memproduksinya, berapa input yang akan diminta
dimasing-masing pasar dan berapa harga output yang akan ditetapkan.
Keputusan harga dan output oleh perusahaan dalam pasar
persaingan tidak sempurna berbeda-beda tergantung pada bentuk pasar di mana
perusahaan berada dan tujuan dari perusahaan adalah memaksimalkan laba total.
Diskriminasi harga merupakan ketetapan harga yang
berbeda untuk pembeli barang yang sama atau penetapan harga dimana perbandingan
harga dan biaya marjinal berbeda di antara para pembeli. Diskriminasi harga
dibedakan menjadi tiga yaitu diskriminasi harga derajat ketiga, diskriminasi
harga derajat kedua dan diskriminasi harga derajat pertama.
Contoh pasar
persaingan tidak sempurna:
Perusahaan bahan makanan (beras, minyak goreng,bumbu dapur,gula),
persaingan harga pasar
“Sumber buku ekonomi pertanian karya Ratya
Anindita,dkk Juli-2008 bab 1”
PERKEMBANGAN
STRUKTUR PASAR INTERNASIONAL
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan
menjual poduk dari beberapa Negara. Pasar internasional melampaui ekspor
pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran di Negara-negara
dimana suatu organisasi melakukan bisnis penetapan harga.
Pemasaran internasional adalah kegiatan pemasaran yang
melewati batas-batas lebih dari satu Negara. Pemasaran internasional mertupakan
penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam
rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai
Negara.
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang
dilakukan oleh penduduk suatu Negara dengan penduduk Negara lain atas dasar
kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa perorangan (individu
dengan individu),antara individu dengan pemerintah suatu Negara atau pemerintah
suatu Negara dengan pemerintah Negara lain.
Manfaat
perdagangan internasional
a.
Memperoleh
barang yang tidak dapat diproduksi dinegeri sendiri
b.
Memperoleh
keuntungan dari spesialisasi
c.
Memperluas
pasar dan menambah keuntungan
d.
Transfer
teknologi modern
Penetapan
harga
Harga merupakan alat evaluasi dan komunikasi dalam pasar
internasional.Menetapkan harga yang tetap merupakan kunci kesuksesan dan
kegagalan. Bahkan ketika pemasar internasional memproduksi produk yang tepat,
mempromosikannya dengan benar, membangun jalur distibusi yang layak, upaya
tersebut akan gagal bila ia salah menetapkan harga. Sebuah penawaran harga
seharusnya mencerminkan baik kualitas maupun nilai produk yang dipersepsikan
konsumen.
Tujuan
penetapan harga
Keputusan penetapan harga dilihat dengan dua cara:
·
Penetapan
harga sebagai sebuah instrument aktif untuk mencapai tujuan pemasaran, perusahaan menggunakan harga untuk mencapai
sebuah tujuan spesifik, antara lain target memperoleh keuntungan, target pangsa
pasar, atau tujuan spesifik lainnya.
·
Penetapan
harga sebagai elemen statis sebuah keputusan bisnis, hanya dengan mengekspor
kelebihan persediaan, menempatkan bisnis luar negeri bukan sebagai prioritas
utama, dan menganggap penjualan ekspor hanya memberikan kontribusi yang dalam
volume penjualan total.
Kenaikan
harga
Kenaikan harga adalah masalah rumit yang sering kali
terjadi di dalam dunia ekonomi, dan tidak dapat disanksikan lagi kenaikan harga
membawa pengaruh bagi setiap elemen masyarakat yang terlibat didalamnya, tak terkecuali
bagi produsen.
Biaya ekspor
Keuntungan berlebih memang terjadi di sebagian pasar
internasional, namun umumnya penyebab adanya perbedaan harga antara Negara
pengekspor dengan Negara pengimpor di sebut dengan istilah kenaikan harga, yang
merupakan biaya tambahan yang muncul akibat mengekspor produk dari Negara yang
satu ke Negara yang lain.
Biaya,
pajak, tarif, administrasi
Pajak menyangkup tarif, dan tarif mempengaruhi harga
untuk konsumen akhir, hal ini sering dihadapi oleh para pedagang internasional;
dalam kebanyakan kasus, konsumen dapat mengatasi keduanya. Tarif adalah sejumlah biaya yang dikenal ketika barang dibeli dari
Negara lain dan masuk ke dalam negeri.
Inflasi
Inflasi adalah suatu keadaan di mana harga
barang-barang secara umum mengalami kenaikan dan berlangsung dalam waktu yang
lama terus menerus.
Deflasi
Dalam keuangan modern, deflasi didefinisikan sebagai meningkatnya
permintaan terhadap uang berdasarkan jumlah uang yang berada dalam masyarakat.
Deflasi kebalikan dari inflasi. Bila inflasi terjadi akibat banyaknya jumlah
uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah
uang yang beredar. Salah satu cara menanggulangi deflasi adalah dengan
menurunkan tingkat suku bunga.
Pendekatan
untuk mengurangi kenaikan harga
Tiga metode yang digunakan untuk mengurangi biaya dan
kenaikan harga adalah sebagai berikut:
·
Menurunkan
biaya produk, apabila biaya produsen dapat diturunkan, maka dampaknya akan
dirasakan oleh seluruh saluran distribusi.
·
Menurunkan
tarif, ketika tarif berperan dalam kenaikan harga, yang biasanya memang
demikian, perusahaan akan mencari cara untuk menurunkannya.
·
Menurunkan
biaya produksi, saluran distibusi yang lebih pendek membuat perusahaan dapat
mengendalikan harga produk.
Penawaran
harga
Dalam menawarkan harga barang untuk penjualan di pasar
internasional, sebuah kontrak dapat mencakup elemen-elemen spesifik yang bisa
mempengaruhi harga, misalnya kredit, periode penjualan, dan transportasi.
Pihak-pihak yang bertransaksi harus yakin bahwa penawaran yang disetujui telah
meliputi pihak yang akan bertanggungjawab atas barang-barang selama
transportasi dan yang akan membayar biaya transportasi serta dalam hal apa
saja.
Contoh struktur pasar internasional :
Impor: barang-barang elektronika, bahan mentah mesin kendaraan bermotor,
kereta api
Ekspor: rempah-rempah, teh, batu bara, emas, timah, hasil hutan
“Sumber : http//:www.wikipedia.com/perkembangan
struktur pasar internasional”