Senin, 21 Januari 2013

Menyiapkan Perusahaan Hadapi Bencana Alam

Bencana alam dapat membahayakan keselamatan Anda dan karyawan Anda. Tak hanya itu, keberlangsungan bisnis Anda beserta asetnya juga dalam bahaya kehancuran. Sering bencana alam dapat menyebabkan usaha baru untuk menutup sepenuhnya. Untungnya, dengan mengambil tindakan pencegahan berikut ini, Anda dan bisnis kecil Anda bisa lebih siap dalam menghadapi bencana.

Miliki rencana menghadapi bencana 
Layaknya rumah tangga yang memiliki rencana darurat untuk melindungi keluarga, bisnis Anda juga harus memiliki rencana tanggap darurat. Ini termasuk memiliki rencana evakuasi karyawan yang ditunjuk serta baik komunikasi dua arah selama dan setelah bencana. Disarankan untuk menggunakan ponsel atau aplikasi smartphone ternetu seperti Earthquake Buddy sehingga Anda dapat tetap berhubungan dengan karyawan selama dan setelah bencana.

Solusi penyimpanan data vital
Di mana data sensitif bisnis Anda disimpan? Apakah ada di hard drive atau server dan berpotensi rentan terhadap kerusakan akibat angin, air atau api yang dapat timbul sewaktu-waktu? Solusi terbaik untuk menjaga data Anda agar tetap aman adalah dengan menyimpannya dalam jaringan komputasi awan. Cloud computing telah dirancang untuk itu, dan akan memastikan data anda aman dari bencana alam misalnya cuaca berbahaya. Gagasan lain yang baik adalah memiliki beberapa cadangan/ back-up. Jika salah satu penyimpanan data di lokasi tertentu rusak, Anda akan memiliki salinan lain di tempat lain yang dapat dipulihkan. Setidaknya, menyimpan semua data sensitif dan catatan penting dalam wadah penyimpanan yang tahan air dan api.

Peralatan dalam kondisi darurat
Banyak perusahaan menyadari bahwa mereka harus memiliki peralatan tanggap darurat tetapi sering mengabaikan dasar-dasar keselamatan: ketersediaan air bersih, makanan segar, udara bersih dan kehangatan. Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak boleh hanya mempersiapkan peralatan darurat untuk kantor, tetapi juga mendorong setiap karyawan untuk membuat peralatan mereka sendiri yang perlu disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Sebagai contoh, seorang karyawan penderita diabetes harus memiliki peralatan darurat dengan pengobatan yang tepat. Berikut adalah beberapa item yang harus tersedia di setiap kondisi darurat:
Perangkat komunikasi radio dua arah - sebaiknya satu yang beroperasi melalui engkol tangan
Baterai cadangan
Air - jika mungkin, satu galon per orang per hari
Makanan - minimal pasokan tiga hari

Peralatan Pertolongan Pertama
Peluit berukuran besar untuk sinyal bantuan
Selimut
Bencana bisa menyerang kapan saja, dan sangat penting untuk bisnis Anda dipersiapkan. Dengan melakukan sedikit persiapan-kerja dan perencanaan, Anda akan meningkatkan kesempatan perusahaan Anda untuk bertahan hidup dan membantu meringankan proses pemulihan.
Semoga jurnal bisnis dan ekonomi ini bermanfaat bagi Anda.

sumber :
 http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/177-manajemen/22038-menyiapkan-perusahaan-hadapi-bencana-alam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar